marquee

Selamat Datang di Blog Kami

welcome

Berbagi itu Indah dan Senyum itu Sedekah

Minggu, 03 Mei 2015

Melihat wanita cantik menajamkan mata, benarkah?

Assalamualaikum ustadz,
ada hadist yang mengatakan bhw menandang wanita cantik bisa menajamkan mata. Bagaimana kedudukan hadist tersebut ustadz?. Padahal islam menyuruh kita utk menjaga pandangan. Mohon disebutkan redaksi dan derajat hadistnya ustadz. Syukran
Joni di Batam
Waalaikum salam akhi Joni,
Mungkin ada sebagian orang yang berkeyakinan dianjurkan memandang wanita cantik dan meyakini ada keutamaan melakukannya. Karena terdapat sebuah hadits, yang diriwayatkan jalan Ahmad bin Al Husain ia berkata, Ibrahim bin Habib bin Salam Al Makki menuturkan kepada kami, Ibnu Abi Fudaik menuturkan kepada kami, Ja’far bin Muhammad menuturkan kepada kami, dari ayahnya dari Jabir radhiallahu’anhusecara marfu’,
النظرُ إلى وجهِ المرأةِ الحَسْناءِ والخُضْرَةِ يَزِيدُ في البَصَرِ
Memandang wajah wanita cantik dan benda yang hijau-hijau akan menambah ketajaman penglihatan” (HR. Abu Nu’aim dalam Al Hilyah3/234).

Derajat hadits

Abu Nu’aim berkata: “hadits gharib dari Ja’far. Ibnu Abi Fudaik bersendirian periwayatannya dari Ja’far”. Ash Shaghani mengatakan: “maudhu’ (palsu)”. Adz Dzahabi mengatakan: “hadits ini batil”. As Suyuthi berkata: “lemah”.
Ibnul Qayyim mengatakan: “hadits ini dan semisalnya dibuat-buat oleh kaum zindiq”. Terdapat beberapa lafadz lain dari hadits ini yang semuanya lemah atau palsu. Al Albani berkata: “tidak bertentangan antara dua pendapat yang ada (dhaif dan palsu), karena hadits ini dhaif secara sanad dan palsu secara matan dengan telah kami bawakan beberapa contoh lainnya”.

Sumber:
  • Dorar.net
  • Silsilah Al Ahadits Adh Dha’ifah

Tidak ada komentar: