marquee

Selamat Datang di Blog Kami

welcome

Berbagi itu Indah dan Senyum itu Sedekah

Jumat, 02 Juni 2017

Tunaikan Hak Jalan (yg lg ngabuburit 😊)

ONE DAY ONE HADIST,
Jum'at, 7 Ramadhon 1438/2 Juni 2017


عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِيَّاكُمْ وَالْجُلُوسَ عَلَى الطُّرُقَاتِ فَقَالُوا مَا لَنَا بُدٌّ إِنَّمَا هِيَ مَجَالِسُنَا نَتَحَدَّثُ فِيهَا قَالَ فَإِذَا أَبَيْتُمْ إِلَّا الْمَجَالِسَ فَأَعْطُوا الطَّرِيقَ حَقَّهَا قَالُوا وَمَا حَقُّ الطَّرِيقِ قَالَ غَضُّ الْبَصَرِ وَكَفُّ الْأَذَى وَرَدُّ السَّلَامِ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَر.
dari Abu Sa'id AL Khudriy radliallahu 'anhuma dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Janganlah kalian duduk duduk di pinggir jalan". Mereka bertanya: "Itu kebiasaan kami yang sudah biasa kami lakukan karena itu menjadi majelis tempat kami bercengkrama". Beliau bersabda: "Jika kalian tidak mau meninggalkan majelis seperti itu maka tunaikanlah hak jalan tersebut". Mereka bertanya: "Apa hak jalan itu?" Beliau menjawab: "Menundukkan pandangan, menyingkirkan halangan, menjawab salam dan amar ma'ruf nahiy munkar". (HR. Bukhari, No. 2465)

Pelajaran dari Hadist:
1. Saat Ramadhan sambil menunggu wkt berbuka, banyak yg ngabuburit sambil duduk2 di pinggir jalan. Apalagi anak2 muda, tak terkucuali jg yg sdh tua alias ABG tua 😊 .Klu ada ce cantik lewat di suiit2 kan. Klu ada yg gemuk lwt dibilang tdk puasa. Terakhir ada yg kurus lewat dibilang tersiksa dg puasa. Seperti apa ngabuburit dan duduk2 di pinggir jalan yg islami itu?. Rasulullah menegaskan jk hrs duduk2 di pinggir jalan jg, berikan hak jalan:
A. Jaga pandangan: pandangan adalah panah setan yg bkn pada mahram dan istri/suami
B.Buang segala hal yg ditemui di jalan pada tempatnya: sampah, duri, dll. Jgn dipelototin saja.😃
C.Jawab salam jika ada yg mengucapkan salam. Jgn dicuekin. Krn itu adalah do'a
D. Jadilah penyeru kebaikan
E. Klu sanggup jadilah pencegah kemunkaran jk melihat kemaksiatan di jalan tsb.
2. Majlis ilmu tetap yang terbaik dibandingkan hanya duduk2 atau ngabuburit yg tdk berarti.

Tema Alquran berkaitan dg Hadist:

1. Menjaga pandangan adalah perintah Alloh. Krn hal itu membedakan manusia dg pandangan hewan yg tdk bisa melihat kebenaran.

{قُل لِّلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَزْكَىٰ لَهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ} [النور : 30]


Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat" (An Nur:30)
2. Jadilah selalu pelopor kebaikan dan pencegah keburukan.
{كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم ۚ مِّنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ} [آل عمران : 110]

( 110 )   Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Ali Imron: 110)

Akhukum fillah

Robi Kurniawan 😊🙏

Tidak ada komentar: